Senin, 25 Juli 2011

Apa saya bisa jadi ibu yang baik?

Belajar Mengasuh Bayi


Sebagai  ibu baru, wajar kalau kita belum terampil merawat bayi. Tapi kita bisa belajar dari ibu, teman, atau keluarga yang sudah memiliki bayi.


Kalau mau, Ibu bisa ikut kelas Ibu hamil yang juga memberi informasi mengenai perawatan bayi, kelas yang memberi panduan kepada ibu yang baru melahirkan, atau membaca buku perawatan bayi. Pengalaman ibu-ibu baru lain juga  menarik untuk didengar.

Meminta bantuan
Merawat bayi sendirian memang melelahkan. Sejak hamil dan melahirkan saja, tubuh Ibu sudah bekerja keras dan pasti lelah.

Menjadi Ibu adalah tanggung jawab besar. Tapi Ibu tak perlu menanggungnya sendirian. Suami, keluarga, teman,  siap membantu.

Suami, keluarga, teman, juga bisa jadi sumber dukungan yang baik. Pengalaman mereka, bisa jadi panduan Ibu. Awalnya memang belum terbiasa. Tapi lama-lama, Ibu akan terampil dan menemukan metode perawatan bayi yang paling cocok untuk Ibu dan bayi Ibu.

Latihan Jadi Ibu

Siapa bilang jadi Ibu itu, sulit?
Semuanya bisa dipelajari pelan-pelan, setiap hari.  Ibu hanya butuh 3 hal, latihan, kesabaran, dan yang terpenting, kasih sayang.

Tiap bayi itu berbeda, jadi Ibu dan bayi Ibu wajib saling menyesuaikan diri. Ibu yang paling tahu kebutuhan bayi Ibu. Dari makanan, tempat tinggal, hingga kasih sayang. Jangan lupa, siap-siap belajar banyak permainan untuk bayi, lagu-lagu, dan membacakan cerita untuknya.

---read more---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar